google.com, pub-4813772568962337, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Biaya Pembuatan Sertifikasi ISO

Ticker

10/random/ticker-posts

Header Ads Widget

Biaya Pembuatan Sertifikasi ISO

Biaya Pembuatan Sertifikasi ISO


Biaya Sertifikasi ISO
Badan Sertifikasi ISO – Banyak perusahaan di indonesia yang ingin memperoleh sertifikasi ISO 9001, sertifikasi ISO 14001, sertifikasi OHSAS 18001, sertifikasi ISO 22000 dan Sertifikasi ISO lainnya. hal ini di karenakan bermacam macam sebab, salah satu contohnya adalah persyaratan dari pelanggan ataupun dari asosiasi, atau ingin meningkatkan image perusahaan ataupun ingin melangsungkan perbaikan internal. 

Untuk memperoleh sertifikasi ISO 9001 dibutuhkan beberapa proses. Dalam mendapatkan Sertifikasi ISO 9001 sudah kami jelaskan di tulisan kami Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2015

Pembiayaan dari badan sertifikasi sangat ditentukan oleh beberapa faktor dibawah ini :

a. Skope dari sertifikasinya (office, site, workshop, atau yang lainnya) artinya makin besar lingkup penerapan sistem manajemen akan semakin besar biayanya, dalam hal ini kita harus bijaksana dalam menentukan lingkup sertifikasi organisasi/ atau perusahaan, sesuai dengan tujuan diperolehnya sertifikasi .
Perusahaan/ organisasi bebas menentukan lingkup dari penerapan sistem yg dibangun /
tergantung besar kecilnya perusahaan.

b. Jumlah karyawan : untuk sistem manajemen mutu ISO 9001 biasanya badan sertifikasi ISO hanya menghitung jumlah karyawan tetap, namun untuk sistem manajemen yang lain akan dihitung jumlah keseluruhan karyawan.

c. Jenis badan sertifikasi : ada banyak sekali diluar sana pilihan badan sertifikasi ISO seperti BSI, SGS, TUV, dan masih banyak lagi yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu karena banyaknya Badan Sertifikat ISO. Disini kita harus bijak memilih badan sertifikasi mana yang akan kita pilih, biasanya dalam memilih badan sertifikasi organisasi/ perusahaan memilih berdasarkan ( kualitas badan sertifikasi, harga, jumlah mandays, durasi survailance, pasar tujuan, dll)

Kualitas badan sertifikasi : jelas sekali bahwa biasanya badan sertifikasi yang berkualitas akan menerapkan harga yang mahal. namun sebenarnya harga untuk sertifikasi ISO tidak terlalu jauh beda kisarannya, tidak ada jaminan bahwa bila kita memilih badan sertifikasi yang mahal, implementasi iso di dalam perusahaan akan menjadi bagus juga, karena bagus-tidaknya sistem yang dibangun tidak bisa kita serahkan pada auditor eksternal/ badan sertifikasi yang datang mungkin hanya sekali setahun/ 6 bulan sekali, kembali lagi bahwa justru internal perusahaan yang harus bagus menerapkan sistem ini, dengan ataupun tanpa badan sertifikasi.

Jumlah mandays : mandays biasanya sudah ditetapkan dari badan sertifikasi, namun beberapa badan sertifikasi akan menerapkan mandays yg berbeda, ada yang 3,5,6,8, dsb, disinilah kejelian kita dituntut untuk menentukan badan sertifikasi yang cocok, sesuai tujuan & budget kita tentunya. Nah kalau berencana menerapkan lebih dari satu sistem biasanya badan sertifikasi akan memberikan potongan mandays, lebih irit kan daripada kita sertifikasi satu persatu.

Durasi survailance : beberapa badan sertifikasi melakukan surveilance bervariasi ada yang enam bulan sekali dan ada juga yang 1 tahun sekali, namun demikian tidak ada jaminan bahwa yang lebih sering datang itu yang lebih bagus atau sebaliknya, dalam hal ini organisasi harus bisa memilih periode kedatangan surveilance mana yang paling cocok bagi perusahaannnya.
Kalau badan sertifikasinya datang setahun sekali bagaimana dengan sistem yang ada di perusahaan?
jawabanya mudah, sepanjang organisasi menjalankan sitem dengan benar maka hal itu tidak perlu dikhawatirkan, toh masih ada internal audit yang bisa kita lakukan dengan durasi yang lebih sering.

d. Lokasi : bila perusahaan yang akan di sertifikasi berada di luar kota atau berbeda kota dengan badan sertifikasi ISO, maka perusahaan yang ada di kota yang berbeda harus siap menanggung biaya akomodasi, dan tiket pesawat untuk auditor, selain itu perusahaan harus menambah mandays untuk perjalanan auditor.

Post a Comment

0 Comments